Langsung ke konten utama

BEGINI AGAR TERHINDAR DARI LEARNING LOSS (PARENTING PAUDIH MEI)


Alhamdulillah acara parenting di awal bulan Mei 2021 bisa berjalan dengan baik. Kegiatan parenting dilakukan secara daring melalui aplikasi zoom meeting. Acara tersebut melibatkan seluruh pendidik dan wali murid PAUD Islam Hidayatullah. Acara parenting kali ini mengusung tema yang sangat menarik yakni learning loss yang dikhawatikan banyak pihak pemerhati pendidikan anak usia dini. Parenting menghadirkan pakar psikologi Nurina, M.Psi.,Psikologi.,CHA.,CGA. dari lembaga psikologi cahaya hati Semarang.

Berikut ulasan dari kegiatan tersebut

🌸Apa itu learning loss?

Learning loss adalah sebuah fenomena yg terjadi dimasa pandemi covid 19, dimana banyak anak yg kehilangan minat belajar karena kurangnya intensitas disekolah.

Menurut The Education and Development Forum (2020) mengartikan bahwa learning loss adalah situasi dimana peserta didik kehilangan pengetahuan dan keterampilan baik umum atau khusus atau kemunduran secara akademis, yang terjadi karena kesenjangan yang berkepanjangan atau ketidakberlangsungannya proses pendidikan.

🌸 Usia dini yaitu 0 sd 3th merupakan usia golden age yg sangat penting karena di usia ini merupakan  " fase emas perkembangan otak" sehingga memerlukan stimulasi berkesinambungan dan role mode untuk membentuk sikap mereka di masa mendatang

🌸 menurut riset UNESCO Maret 2020 " penutupan sekolah secara global sebagai dampak pandemic menghadirkan resiko  merusak pendidikan, perlindungan dan kesejahteraan anak".

Pandemi covid-19 yang telah berlangsung tahun kedua ini menyebabkan terganggunya proses pendidikan formal. Sekolah-sekolah di seluruh dunia hampir sebagian besar belum melakukan pembelajaran tatap muka. Mengutip pernyataan Djuanda dalam https://disdikkbb.org hal ini akan menyebabkan beberapa masalah terutama pada 3 hal berikut ini:

1. Penurunan Tingkat Keinginan Belajar

Dengan tidak pergi sekolah, kebanyakan peserta didik merasa seperti tidak memiliki alasan dan motivasi yang cukup kuat untuk belajar. Ketika biasanya guru memperhatikan mereka secara langsung di kelas, tingkat keinginan belajar mereka relatif lebih terjaga. Tetapi saat tidak ada guru, biasanya kesadaran belajar ini pun menurun. Tinggalah orang tua di rumah berjuang lebih keras agar mereka tetap semangat belajar disamping meyakinkan mereka ada dalam kondisi aman dan sehat.

2.Meningkatnya kesenjangan

Pembelajaran melalui moda daring atau distance learning (Pembelajaran Jarak Jauh) membuka peluang adanya disparitas atau kesenjangan belajar peserta didik. Peserta didik yang memiliki fasilitas belajar yang baik, dukungan keluarga yang utuh, hampir pasti memiliki tingkat keberhasilan dan keterlibatan yang baik dalam belajar. Tidak dipungkiri, banyak peserta didik yang minim fasilitas dan dukungan keluarga yang kurang, tetap bersemangat dalam belajar, namun tentu ini situasi yang anomali. Kurang efektifnya tes formatif, ditiadakannya berbagai evaluasi, cukup membuat peserta didik dan guru kehilangan acuan seberapa jauh pembelajaran dikatakan berhasil.

3. Kemungkinan Putus Sekolah (Drop Out)

Ketidakpastian akan kapan sekolah kembali normal berakibat pada munculnya kebosanan yang mendorong beberapa peserta didin ingin berhenti sekolah. Alasan ketiadaan fasilitas, kebingungan menghadapi tugas/PR yang dianggap terus menerus dan memberatkan, juga kebosasanan membuka jalan untuk para siswa yang hidup ditengah keterbatasan untuk memilih bekerja sehingga dapat meringkankan beban keluarga dan bisa menghidupi dirinya sendiri. Tentu ini harus kita hadapi dengan penuh empati, terutama mereka yang sudah duduk di kelas/tingkat akhir masa pendidikannya. Waktu dan tenaga yang sudah mereka berikan akan terbuang percuma.

🌸 Apa yg harus kita lakukan untuk meminimalisai learning loss?

1. Memastikan anak tetap sekolah

2. Bersinergi dg sekolah secara berkesinambungan dalam penyampaian materi 

3. Memastikan seluruh fasitas penunjang pendidikan


PAUD ISLAM HIDAYATULLAH 

BERKOMITMEN TINGGI PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Dengan menyajiakan beberapa program pandemic

1. Tilik sentra

2. Daring 

3. Home scholling

4. Layanam personal

5. Coaching materi 

Bismillah dengan dukungan ayah bunda semua InsyaAllah kami akan memberikan pelayanan terbaik dan trimakasih untuk ayah bunda yanga telah mendukung semua program kami.

MAU LIHAT DI PAUD ISLAM HIDAYATULLAH ADA APA SAJA?

>>>>>>>>>>>>>>KLIK DI SINI

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PPDB 2021 - 2022

Segera Dapatkan Diskon Daftar Bulan Januari -Maret 2021 SELAMAT DATANG CALON WALI MURID PESERTA DIDIK PAUD ISLAM HIDAYATULLAH

MATERI MENGAJI JANUARI

 Semester II  Panduan belajar mengaji ini disediakan untuk kelompok A & B. Panduan berfungsi  mendukung materi yang diajarkan oleh guru.  Harapannya siswa bisa memperoleh panduan ketika ingin belajar secara mandiri di rumah dengan pendampingan orang tua. Panduan terdiri dari panduan menghafal dan buku jilid. Silahkan digunakan sesuai kebutuhan. HAFALAN TK A 1. Surat An Nashr  2. Doa Keluar Kamar Mandi 3. Hadits Kebaikan ======================================= MATERI TK B HAFALAN 1. Surat Al 'Asr 2. Doa untuk Ibu & Bapak 3. Hadits Surga Di Bawah Telapa Kaki Ibu ================== PANDUAN HAFALAN LAINNYA ================{{{}}}================ PANDUAN BELAJAR JILID 1-6: JILID  1   JILID  2  JILID  3  JILID  4  JILID  5  JILID  6  BUTUH FILE BUKU JILID? ============={{{{{{}}}}}============= PANDUAN LAIN: Materi Bulan Januari Materi Bulan Febuari Materi Bulan Maret Materi Bulan April Materi Bulan Mei  Materi Bulan Juni Materi Bulan Juli Materi Bulan Agustus Materi Bulan Septembe

Inspirasi Sukses Milyarder Dr. Eng. Arief Setyawan

  Bang Kiming bersama Ibunda dan kakak tercinta (baris depan), delegasi PAUDIH (baris belakang)  "Muda, berprestasi, sukses" Itulah ungkapan yang tepat untuk menggambarkan sosok Dr. Eng. Arief Setyawan. Usia beliau yang masih sangat muda bisa mencetak prestasi yang patut diacungi jempol. Pria yang memiliki panggilan populer Bang Kiming tersebut telah dicatat namanya di museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai orang termuda di Indonesia yang berhasil meraih gelar doktor di bidang engineering. Tak tanggung-tanggung, gelar doktor dia sandang sebanyak dua kali di salah satu universitas ternama di Jepang.  bACA jUGA: Mereka mengenal lebih dekat PAUD IH wow! PAUD Islam Hidayatullah juara 1 Menanamkan Rasa Cinta pada Rasullah Sukses! Trial class banyak diminati Tamu Berkunjung ke PAUD IH, ada apa? Dr. Eng. Arief Setyawan memang sosok pekerja cerdas. Saat masih kuliah S1 di UGM Jogjakarta, muncul di dirinya untuk memiliki sebuah usaha. Bermodalkan keterampilan kuliner yang diperoleh dar