Ssst! ADA FITUR ZOOM BAGUS YANG BELUM SEMUA ORANG TAHU [Latihan Bersama Pemaksimalan Aplikasi Zoom PAUDIH)

 


PAUDIH NEWS - Zoom meeting merupakan aplikasi video telekonferensi yang populer di masa pandemi covid -19. Penggunanya bisa dari dunia industri maupun pendidikan. Fiturnya yang cukup lengkap untuk mendukung rapat maupun presentasi saat online makin menarik banyak orang untuk menggunakannya. 

Aplikasi zoom tersedia versi gratis dan berbayar. Perbedaannya yakni pada versi gratis durasi sekali meeting dibatasi hanya 40 menit saja, setelah durasi tercapai maka aplikasi akan menutup dan jika ingin menggunakan lagi harus masuk dari awal lagi. Peserta untuk versi gratis dibatasi 100 orang saja. Adapun yang berbayar durasi tidak dibatasi. Selain itu versi, berbayar juga bisa menentukan jumlah kapasitas partisipan rapat hingga lebih dari 500 peserta. 

Breakout room

PAUD Islam Hidayatullah berusaha untuk memaksimalkan penggunaan fitur-fitur zoom untuk mendukung pembelajaran daring di masa pandemi ini. Berkaca dari pengalaman sebelumnya, maka diadakan latihan pemanfaatan aplikasi zoom untuk pembelajaran dengan narasumber Bu Ainun dan kawan-kawan sebagai pemandu. 

Latihan diadakan pada Sabtu pagi [17/7/21] mulai pukul 09.00 WIB. Latihan ini merupakan latihan yang ke 3 setelah hari Senin dan Kamis lalu juga diadakan latihan serupa. Latihan bersama ini diperuntukan semua guru semua jenjang dari QBS, Play grup dan TK. 

Latihan berfokus pada pemanfaatan fitur breakout zoom untuk kelas. Guru-guru diajak untuk bereksperimen lebih jauh mengenai Breakout zoom. Pemandu membuat beberapa kelas kemudian Guru-guru diijinkan masuk untuk mencoba dan tahu perbedaan antara zoom meeting biasa dan zoom breakout. Setelah itu, Bu Ainun selaku admin zoom dan pemandu mempersilahkan para guru menceritakan pengalaman dan penemuannya. 

Penulis yang mengikuti latihan bersama menggunakan zoom break out dari pertemuan awal hingga yang terakhir ini dapat merangkum hasil latihan sebagai berikut:


1. Akun Admin zoom membagikan link zoom. 

2. Admint membuat break out/kelas untuk guru. 

3. Guru masuk/bergabung lewat tautan terlebih dulu. Kemudian admint zoom menjadikan co-host guru. 

4. Guru masuk ke kelasnya/break out room yang sudah dibuat admint sebelumnya. 

5. Peserta zoom/siswa memberi nama akunnya sesuai identitas.  Lalu join melalui link yang sudah dibagikan. 

6. Ketika pertama masuk zoom meeting akan berada di ruang main session. 

7. Siswa memilih dan join ke kelas masing-masing. [Admin zoom bisa membantu dengan sudah memegang data atau menanyai siswa perihal kelasnya].

8. Bagi siswa yg salah kelas bisa di bimbing untuk memilih LEAVE ROOM DAN JOIN DI KELAS YG DIINGINKAN. 

9. Untuk kelas yg sudah selesai lebih dulu bisa menyarankan semua peserta untuk LEAVE MEATING ( sehingga mereka keluar dari zoom dan Tidak kembali ke room utama) 

10. Untuk peserta/partisipan TDK PERLU MENGAKTIFKAN BREAK ROOM MELALUI ZOOM US simbols break Room akan nampak dilayar ponsel atau PC secara otomatis kecuali untuk kasus tertentu. 

11. Akun GURU harus di jadikan Co Host [oleh admin zoom] agar bisa SHARE SCREEN, MEREKAM KELAS, MUTE dan  UNMUTE SISWA.

12. PERBEDAAN Leave room dengan Leave Meeting. 

LEAVE ROOM: AKAN KELUAR KELAS/break out dan bergabung ke main session. 

LEAVE MEETING AKAN KELUAR dari ZOOM [Jika ingin masuk makan harus join lagi ke link zoom dan mulai proses dari awal]

Demikian yang bisa saya tangkap. Jika ada penemuan lain bisa di share di kolom komentar agar makin baik dan bermanfaat. 











Author: Humas PAUDIH





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inspirasi Sukses Milyarder Dr. Eng. Arief Setyawan

PERJUANGAN SIAP DINILAI

LIRIK LAGU MARS HIDAYATULLAH SEMARANG