Langsung ke konten utama

PROFIL PAUD ISLAM HIDAYATULLAH

 


Mengapa anak-anak belajar harus dengan bermain?

• Anak dapat belajar dengan baik bila dalam kondisi menyenangkan yaitu saat BERMAIN, karena sistem limbik di otak (dikenal sebagai tempat rasa sayang) bisa bekerja/menerima informasi jika dalam kondisi aman nyaman & menyenangkan.

• Anak bermain untuk memperoleh sesuatu dengan cara bereksplorasi dan bereksperimen tentang dunia disekitarnya dalam rangka membangun pengetahuan diri sendiri (pengetahuan diri), Pengetahuan Fisik, Pengetahuan Logiko-matematika, Pengetahuan Sosial. 

Bermain dilakukan di atas inisiatif anak, keputusan anak, dan dengan dukungan guru/ orang dewasa (Scacffolding)

Ruang Perpustakaan & Ruang Audio Visual

• Laboratorium Komputer, dimanfaatkan secara bergiliran oleh semua siswa TK sebagai sarana penunjang menuju dunia teknologi dan informasi

Playground sebagai sarana indoor dan outdoor lahan bermain anak-anak saat istirahat

Aula, untuk kegiatan pentas seni & ruang pertemuan

• Mushola, sebagai tempat untuk pembiasaan sholat berjamaah sejak dini

• Kolam renang, yang secara bergiliran dimanfaatkan oleh semua kelompok siswa

Gazebo, sebagai tempat yang efektif dan menyenangkan untuk keperluan pembelajaran

Layanan Konsultasi Psikologi

Metode Pembelajaran Anak Usia Dini di KB/TK Islam Hidayatullah melalui Pendekatan "Beyond Centers and Circle Time (BCCT) & Science Technology Engineering Art and Math (STEAM)", yaitu:

Suatu Pendekatan Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini

• Metode ini menciptakan pengaturan pembelajaran yang memicu anak untuk, kreatif, dan terus berpikir dengan mengaktifkan pengalamannya sendiri (Bukan sekedar mengikuti perintah, meniru, atau menghafal), pembelajaran dalamkuiri, pemikiran, dan berbasis proses menjadikan anak lebih kreatif dalam menemukan solusi. 

pembelajaran inkuiri, pemikiran kritis, dan berbasis proses menjadikan anak lebih kreatif dalam menemukan solusi masalah

• Yaitu pengembangan dari montessori, High Scope, Head Star, dan Regio Emilia

• Dikembangkan oleh Creative Center for Childhood Research and Training (CCRT) Florida, AS. Dilaksanakan di Creative Pre School Florida, USA selama lebih dari 33 tahun, baik untuk anak normal maupun untuk kebutuhan anak khusus.

Keunggulan Sekolah

Kegiatan terintegrasi imtaq di semua sentra

• Rasio / perbandingan guru & siswa di setiap sentra adalah 1:15, "untuk menjamin anak didik betul-betul. 

teramati dan terawasi setiap kegiatannya

• Sistem moving class sebagai sistem pembelajaran yang sudah lama diterapkan di Eropa karena moving class melatih anak untuk mandiri, bisa menentukan pilihan dan bertanggung jawab

• Pendekatan pembelajaran: bermain sambil belajar (otak kanan centris).

• Metode pembelajaran melalui pendekatan BCCT, yang sangat memperhatikan ruang gerak anak (7 meter persegi setiap anak) dan penataan lingkungan utama.

Fasilitas

  • Ruang belajar yang disetting berdasarkan sentra-sentra (system moving class). 
  • Ruang Perpustakaan & Ruang Audio VisualL
  • aboratorium Komputer, dimanfaatkan secara bergiliran oleh semua siswa TK sebagai sarana penunjang menuju dunia teknologi dan informasi.
  • Playground sebagai sarana indoor dan outdoor lahan bermain anak-anak saat istirahat.
  • Aula, untuk kegiatan pentas seni & ruang pertemuan. 
  • Mushola, sebagai tempat untuk pembiasaan sholat berjamaah sejak dini.
  • Kolam renang, yang secara bergiliran dimanfaatkan oleh semua kelompok siswa
  • azebo, sebagai tempat yang efektif dan menyenangkan untuk keperluan pembelajaran
  • Layanan Konsultasi Psikologi

Kegiatan Program

Anak belajar melalui permainan mereka. Oleh karena itu, KB/TK Islam Hidayatullah menyediakan lingkungan bermain yang bermutu yang mendukung 3 (tiga) jenis utama, yaitu:

  • Motor sensorik utama
  • Peran Utama
  • Pembangunan Utama

Jenis Layanan Pendidikan :

1. Sekolah Bayi Al-Quran (TPA)

• Masuk pukul 07.00 s/d 16.00 wib hari senin s/d Jum'at

• Usia 1 th (sudah jalan) s/d 3 tahun

bertujuan untuk memberikan, pengasuhan, pendidikan, kemandirian, keagamaan dan keterampilan hidup pada anak usia 1 s/d 3 tahun

2. Kelompok Bermain

• Masuk pukul 08.00 s/d 10-30 wib Senin s/d Jum'at • Usia 3 s/d 4 tahun. 

Tujuannya adalah memberikan layanan pendidikan, kemandirian, keagamaan dan keterampilan hidup pada anak 3 s/d 4 Tahun

3. Taman Kanak-Kanak

• Masuk pukul 07.30 s/d 11.30 untuk kelompok A (Senin - Kamis)

• Masuk pukul 07.00 s/d 12.30 untuk kelompok B (Senin - Kamis)

• Masuk puklul 07.30 s/d 11.00 semuae Klompok khusus hari jumat

Tujuannya adalah memberikan layanan pendidikan, kemandirian, keagamaan dan keterampilan hidup pada anak 4 s/d 6 tahun.


METODE PEMBELAJARAN

Metode Pembelajaran Anak Usia Dini di KB/TK Islam Hidayatullah melalui Pendekatan "Beyond Centers and Circle Time (BCCT) & Science Technology Engineering Art and Math (STEAM)", untuk:

. Suatu Pendekatan Dalam

Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini

• Metode ini menciptakan pengaturan pembelajaran yang memicu anak untuk,kreatif, dan terus berpikir dengan mengaktifkan pengalamannya sendiri (Bukan sekedar mengikuti perintah, meniru, atau menghafal), pembelajaran dalamkuiri, pemikiran, dan berbasis proses menjadikan anak lebih kreatif dalam menemukan solusi pembelajaran inkuiri, pemikiran kritis, dan berbasis proses menjadikan anak lebih kreatif dalam menemukan solusi masalah

• Yaitu pengembangan dari montessori, High Scope, Head Star, dan Regio Emilia

Dikembangkan oleh Creative Center for Childhood Research and Training (CCRT) Florida, AS. Dilaksanakan di Creative Pre School Florida, USA selama lebih dari 33 tahun, baik untuk anak normal maupun untuk kebutuhan anak khusus.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

PPDB 2021 - 2022

Segera Dapatkan Diskon Daftar Bulan Januari -Maret 2021 SELAMAT DATANG CALON WALI MURID PESERTA DIDIK PAUD ISLAM HIDAYATULLAH

MATERI MENGAJI JANUARI

 Semester II  Panduan belajar mengaji ini disediakan untuk kelompok A & B. Panduan berfungsi  mendukung materi yang diajarkan oleh guru.  Harapannya siswa bisa memperoleh panduan ketika ingin belajar secara mandiri di rumah dengan pendampingan orang tua. Panduan terdiri dari panduan menghafal dan buku jilid. Silahkan digunakan sesuai kebutuhan. HAFALAN TK A 1. Surat An Nashr  2. Doa Keluar Kamar Mandi 3. Hadits Kebaikan ======================================= MATERI TK B HAFALAN 1. Surat Al 'Asr 2. Doa untuk Ibu & Bapak 3. Hadits Surga Di Bawah Telapa Kaki Ibu ================== PANDUAN HAFALAN LAINNYA ================{{{}}}================ PANDUAN BELAJAR JILID 1-6: JILID  1   JILID  2  JILID  3  JILID  4  JILID  5  JILID  6  BUTUH FILE BUKU JILID? ============={{{{{{}}}}}============= PANDUAN LAIN: Materi Bulan Januari Materi Bulan Febuari Materi Bulan Maret Materi Bulan April Materi Bulan Mei  Materi Bulan Juni Materi Bulan Juli Materi Bulan Agustus Materi Bulan Septembe

Inspirasi Sukses Milyarder Dr. Eng. Arief Setyawan

  Bang Kiming bersama Ibunda dan kakak tercinta (baris depan), delegasi PAUDIH (baris belakang)  "Muda, berprestasi, sukses" Itulah ungkapan yang tepat untuk menggambarkan sosok Dr. Eng. Arief Setyawan. Usia beliau yang masih sangat muda bisa mencetak prestasi yang patut diacungi jempol. Pria yang memiliki panggilan populer Bang Kiming tersebut telah dicatat namanya di museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai orang termuda di Indonesia yang berhasil meraih gelar doktor di bidang engineering. Tak tanggung-tanggung, gelar doktor dia sandang sebanyak dua kali di salah satu universitas ternama di Jepang.  bACA jUGA: Mereka mengenal lebih dekat PAUD IH wow! PAUD Islam Hidayatullah juara 1 Menanamkan Rasa Cinta pada Rasullah Sukses! Trial class banyak diminati Tamu Berkunjung ke PAUD IH, ada apa? Dr. Eng. Arief Setyawan memang sosok pekerja cerdas. Saat masih kuliah S1 di UGM Jogjakarta, muncul di dirinya untuk memiliki sebuah usaha. Bermodalkan keterampilan kuliner yang diperoleh dar